Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI

Penjelasan Tentang Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

jatenghebat.com

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Ciri Ciri Teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks yang berisi tentang informasi secara umum, sesuatu informasi berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Teks ini sering di singkat dengan teks LHO, yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi tentang suatu objek dan situasi.

Setelah di adakannya investigasi atau sebuah penelitian dengan secara sistematis, laporan hasil dari observasi tersebut dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang sesuatu. Dapat berupa suatu benda, hewan, tumbuhan, sosial, budaya atau ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi ini biasanya berisi tentang sebuah fakta yang dapat di buktikan secara ilmiah. Karena tujuannya sendiri untuk mendapatkan hasil informasi dan penjelasan secara rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Selain dari itu, teks laporan ini bertujuan untuk menyampaikan semua hal yang di perlukan berdasarkan hasil dari pengamatan secara terperinci, faktual, sistematis dan juga cermat kepada pembacanya.

Setiap informasi yang di dapat harus di sajikan atau di tulis secara objektif dan sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Artinya tidak di buat-buat atau tidak berdasarkan opini dari penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Penyusunan teks observasi ini juga tentu saja bukan tanpa sebab, akan tetapi ada beberapa tujuan di tulisnya teks laporan tersebut.

Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi

Setelah mengetahui pengertian dan penjelasan dari teks laporan hasil observasi, pembaca juga harus mengerti tentang ciri ciri dari teks laporan tersebut. Karena untuk membedakannya dengan teks-teks lainnya, ciri cirinya sebagai berikut.

1. Di susun dengan Secara Sistematis

Maksud dari di susun secara sistematis ialah teks ini di susun dengan cara yang berututan dan juga sesuai struktur teks laporan hasil observasi.

2. Pengertian atau Penjelasan dari Sudut Pandang Keilmuwan

Jenis teks laporan satu ini menyajikan data dari hasil pengamatan yang faktual atau benar-benar ada. Data-data yang ada pada teks tersebut harus dapat di buktikan secara ilmiah, tidak boleh di buat-buat atau bahkan dengan cara mengubah fakta tersebut.

3. Teks Berisi Pembahasan yang Bersifat Objektif / Konsep

Teks laporan hasil observasi berisi informasi tentang mengenai suatu objek atau situasi yang tertentu dan di bahas secara umum. Objek dapat beraneka ragam, contoh seperti makhluk hidup, manusia, tumbuhan, hewan atau benda yang lainnya, seperti ekosistem, sosial dan juga budaya.

4. Terdapat Perincian pada Suatu Objek

Perincian bagian pada suatu objek atau objek yang di tulis dalam teks laporan tersebut berupa klarifikasi dan informasi mengenai ciri-ciri objek. Seperti misal, ketika kamu sedang mengamati pertumbuhan dari kacang hijau. Maka ciri-ciri objek tersebut dapat berupa tumbuhan berjenis polong-polongan atau bijian yang hidup pada wilayah tropis, batangnya berbulu, kemudian berwarna hijau bercampur kecokelatan.

5. Teks di susun dengan Bahasa yang Jelas dan Baku

Jenis teks laporan hasil observasi harus di tulis menggunakan bahasa yang jelas dan juga baku, karena teks ini bertuliskan ilmiah. Jadi, pembaca agar dapat mudah memahami isi teks tersebut.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah pembaca mengetahui ciri-ciri teks laporan hasil observasi pembaca juga harus mengerti tentang struktur dari teks laporan tersebut. Berikut merupakan beberapa struktur pada teks laporan hasil observasi.

  • Pernyataan Umum

Bagian ini berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang di laporkan. Pernyataan umum juga berisi informasi umum, seperti nama latin, asal usul, kelas atau informasi tambahan tentang hal yang di laporkan tersebut.

  • Deskripsi Bagian

Pada bagian ini, paragraf ini berisi tentang perincian hal-hal yang di laporkan. Jika binatang, dalam teks tersebut mencakup ciri fisik, habitat, makanan dan juga perilaku. Kalaupun tumbuhan, mencakup perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian pada bagian yang lain.

  • Deskripsi Manfaat

Paragraf ini berisi tentang manfaat dari laporan tersebut. Jika yang di laporkan berupa objek, maka deskripsi manfaat akan berisi klasifikasi objek dari berbagai segi manfaat dan juga sifat-sifat khusus objek tersebut. Dan biasanya penulis akan memberikan kesimpulan pada laporan tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks hasil laporan observasi 2

Teks laporan hasil observasi berkaitan dengan penelitian dan juga pengetahuan. Maka pada hal ini termasuk jenis teks formal yang di haruskan menggunakan bahasa yang baku atau yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar serat gampang di pahami.

Berikut di antaranya kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi.

1. Kata Umum ( hipernim ) dan Kata Khusus ( hiponim ) dalam pengklasifikasian.

  • Benda atau kata umum (hipernim) di klasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu benda hidup (kata umum) dan benda mati (kata khusus).
  • Benda hidup (kata umum) di kelompokan menjadi dua bagian, adalah tumbuh-tumbuhan (kata khusus) dan binatang (kata khusus).
  • Tumbuhan (kata umum) di kelompokan menjadi dua bagian, tumbuhan berbungan (kata khusus dari kata tumbuhan) dan tumbuhan tak berbunga (kata khusus dari kata tumbuhan).
  • Binatang (kata umum) di klasifikasikan menjadi vertebrata atau bertulang belakang (kata khusus dari kata binatang) dan invertebrata atau tak bertulang belakang (kata khusus dari kata binatang).

2. Menggunakan frasa verbal (kelompok kata kerja) yang di gunakan untuk membuat klasifikasi. Seperti, di bagi menjadi.

3. Menggunakan verba atau kata kerja, baik verba aktif maupun pasif. Seperti misal, membagi, mengelompokkan, mengklasifikasikan (verba aktif) dan di kelompokkan, di bagi (verba pasif).

4. Menggunakan kata bersinonim, yaitu kata-kata yang mempunyai makna yang sama.

5. Menggunakan kata yang berantonim, ialah kata-kata yang berlawanan.

6. Perubahan verba atau kata kerja menjadi nomina atau kata benda.

7. Menggunakan konjungsi atau kata penghubung.

8. Menggunakan kalimat yang kompleks dan simpleks, kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri dari atas satu struktur dengan satu verba utama. Dan Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih juga.

Atau kaidah kebahasaannya bisa juga seperti di bawah ini.

1. Menggunakan istilah pada bidang ilmu yang tertentu. Seperti misal, pada definisi menggunakan kata adalah atau merupakan.

2. Menggunakan kata khusus dan juga kalimat-kalimat yang menjelaskan atau terperinci. Pada bagian Teks deskripsi, di gunakan istilah pada bidang ilmu, kata baku dan juga kalimat efektif. Kata sambung yang di gunakan seperti contoh, yaitu, di samping itu, selain itu dan lainnya.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan Teks laporan di buat

Di dalam sebuah buku berjudul Making Sense of Functional Grammar yang di tulis oleh L. Gerrot dan P. Wignel, dia menyebutkan bahwa teks laporan berfungsi untuk menggambarkan apa adanya sebuah fenomena alam, buatan manusia maupun sosial yang terjadi pada lingkungan.

Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi ialah untuk memberikan informasi obyektif, faktual dan juga aktual. Obyektif disini adalah teks tersebut memberikan informasi suatu objek yang jelas batasan masalah dan juga ruang lingkupnya.

Faktual yang berarti ialah informasi yang di berikan sesuai dengan fakta yang sebenarnya atau yang ada di lapangan. Hasil observasi bersifat faktual jikalau di samakan dengan bukti yang konkrit. Fakta ataupun bukti tersebut dapat berupa hasil foto, video, gambar, angka dan juga berupa tulisan.

Sedangkan aktual berarti sesuai dengan apa yang baru saja terjadi. Informasi dalam teks laporan hasil observasi di ambil data yang aktual, atau yang sebenarnya terjadi dan juga yang paling baru terjadi. Sehingga data sesuai dengan keadaan terkini pada lingkungan.

Teks laporan hasil observasi ini digunakan untuk kepentingan seperti penelitian ilmiah, laporan pertanggung jawaban, pengawasan, pengambilan keputusan, juga sekedar menginformasikan kepada pembaca.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Biota Laut

Biota laut merupakan seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut, Biota laut yang ada pada perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan yang sangat melimpah. Makhluk hidup atau biota laut di perairan Indonesia di antaranya ada terumbu ikan, ikan dan juga tumbuh-tumbuhan yang menjadi ekosistem laut Indonesia.

Terumbu karang yang ada di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena sinar cahaya matahari dan juga hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut. Dan juga dengan suhu tertentu serat di air jernih yang tidak tercemar polusi. Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga di huni beragam berbagai jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, dan juga goropa. Dan di antara ikan yang ada pada laut Indonesia yang telah di jadikan industri antara lain seperti, ikan tuna, tenggiri, tongkol, kerapu dan baronang.

Di samping terumbu karang dan juga ikan, laut perairan Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Terletak di Pari, Kepulauan Seribu, disana membudidayakan tumbuhan laut dan penanaman bakau. Rumput laut yang ada di kepulauan seribu mempunyai beragam jenis bentuknya, ada yang bulat layaknya sebuah tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti sebuah rambut. Semua itu dapat hidup karena perawatannya di pantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.

Ketiga biota laut di atas sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, seperti misal ikan dan juga rumput laut yang bermanfaat bagi kesehatan karena di dalamnnya mengandung gizi. Terumbu karang juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Selain itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti contoh Raja Ampat yang berada di Papua, Pulau Wangi-wangi di Sulawesi Tenggara dan juga Bunaken yang berada di Manado. Berbagai ragam biota laut ini juga bermanfaat bagi sebuah lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman ombak dan juga gelombang dari laut.

Penutup

Di atas merupakan artikel ciri ciri teks laporan hasil observasi yang di kutip dari berbagai sumber, dan semoga artikel di atas cukup jelas dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari kami penulis Wassalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI