Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI

Kuliner Khas Surabaya yang Menggiurkan dan Lezat di Lidah

Kota Surabaya adalah Ibukota Provinsi Jawa Timur dengan ciri khasnya patung hiu dan buaya. Surabaya juga merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Timur dan terbesar kedua di Indonesia ini. Kota satu ini bisa di nikmati siang maupun malam hari. Karena banyaknya wisata di Surabaya ini, Maka tidak kalah menariknya dengan Kuliner Khas dari Kota Surabaya ini yang wajib dicicipi.

Ada banyak Kuliner-kuliner khas dari kota Surabaya yang menggugah selera kita. Selain memiliki cita rasanya yang menggugah selera, kota ini juga dari segi kulinernya sangat relatif murah harganya. Kalian bisa mencicipi segala jenis kuliner yang berbeda-beda, dari rasa manis, pedas hingga gurih sesuai selera.

kuliner Kota Surabaya
sumber : suarasurabaya.com

Yang menjadikan Kota Surabaya dengan kulinernya yang berbeda dari kota lainnya adalah kulineran Surabaya yang sulit ditemukan di kota lainnya. Berikut adalah Kuliner Khas dari kota Surabaya yang wajib dicicipi ketika mampir di kota ini yang telah dirangkum oleh jatenghebat.com

Baca juga lurr : Kuliner Menarik dari Kota Lama Solo

1. Rujak Cingur

Kuliner Kota Surabaya Rujak Cingur
sumber : tribunnews.com

Surabaya merupakan kota yang terkenal dengan keindahannya dan budayanya. Tetapi bukan hanya itu saja, melainkan kekayaan dari kulinerannya juga. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika di surabaya yaitu rujak cingur. Kuliner khas Surabaya ini sangat terkenal karena terbuat dari cingur sapi atau pipi sapi.

Memliki citarasa yang enak dan gurih bercampur pedas menjadi satu dalam rujak cingur. Makanan ini merupakan resep hidangan Mesir pada zaman dahulu. penciptanya bernama Rozaq, karena masyarakat Surabaya kesulitan mengucapkannya maka digantilah menjadi Rujak.

Tak hanya rasanya yang sedap, tetapi juga rujak cingur ini memiliki banyka kandungan gizi yang baik untuk tubuh. jadi, jangan sampai ketinggalan mencicipi ini ketika mampir ke Kota Surabaya.

2. Lontong Balap

Kuliner Kota Surabaya Lontong Balap
sumber : resepmasakanjawa.com

Lontong Balap adalah Kuliner khas yang menjadi kebanggaan kota Surabaya. Disebut dengan Lontong Balap karena zaman dulu pedagang lontong menjual di satu tempat dan ingin cepat-cepat selesai, maka disebutlah makanan ini dengan sebutan lontong balap.

Jika Madura punya Sate, maka Surabaya punya Kuliner khas tersendiri yaitu Lontong Balap. Bahan dasar lontong balap sangatlah gampang, terdiri dari tauge, lontong, tahu goreng, kecap dengan ditaburi sambal kuah diatasnya.

Lontong Balap Pak Gendhut merupakan penjual lontong balap yang tersohor di Surabaya, bisa dibilang warung terlegend karena berdiri sejak tahun 1958. pengunjungnya pun berbeda-beda, kebanyakan bukan hanya dari warga sekitar tetapi pejabat dan artis terkenal sering sekali menikmati hidangan disini. Rugi rasanya jika tidak merasakan lontong balap ini.

3. Rawon

Kuliner Kota Surabaya Rawon Surabaya
sumber : grid.id

Rawon Surabaya merupakan hidangan seperti sup berisi banyak potongan daging sapi yang lembut juga berkuah dengan aroma yang khas dan warna hitam yang pekat dari buah keluak.

Kuliner khas Surabaya satu ini merupakan hidangan tradisional, pada zaman dulu kuliner satu ini hanya hidangan untuk para bangsawan tetapi kemudian menyebar luas hingga tumbuh dalam popularitas.

Makanan ini biasa disajikan dengan nasi putih, telur asin, tauge dan sambal. kuliner satu ini masuk dalam kategori jenis sup paling enak se-Asia pada tahun 2020. jadi, jika tidak salah untuk menikmati Rawon khas Surabaya ini ketika melewati Surabaya.

4. Tahu Telor

Kuliner Kota Surabaya Tahu Tek Telor
sumber : nusadaily.com

Tahu Telor atau tahu tek telor merupakan kuliner khas Surabaya sebagai hidangan pembuka (appetizer) khas Surabaya. Kuliner satu ini terbilang murah dan tersebar di berbagai wilayah jawa timuran.

Bahan dasar dari Tahu Telor sendiri juga sangat mudah didapatkan, terdiri dari tahu, telor, kacang tanah, tauge biasanya terdapat irisan lontong juga.

Tahu putih yang dipotong dadu dengan dicampur telur kemudian dikocok dan digoreng, hidangan sangat cocok untuk menahan lapar sebelum makan besar. begitu kira-kira ketika membuatnya. jadi, hidangan ini jangan sampai kelewatan jika ke Surabaya. cocok sekali ketika dihidangkan di pagi hari sebagai sarapan.

5. Sate Kelopo

Kuliner Kota Surabaya Sate Kelopo
sumber : phinemo.com

Sate Kelopo sebenarnya sama seperti sate pada umumnya, tetapi yang membedakannya yaitu dari segi bumbu masakannya. Disebut sate kelopo, karena dalam penyajiannya sate ini disajikan bersama parutan daging kelapa yang ditaburkan diatas sate tersebut.

Parutan dari kelapa tersebut juga ikut dibakar setelah ditabur hingga tercium bau harum yang melekat. kemudian sate diberi saus sambel kacang dan sedikit irisan bawang merah mentah sebagai cocolannya.

Sate ini sendiri terdapat berbagai varian, seperti sate daging ayam, daging kambing dan sate jeroan. tidak salah jika kuliner satu ini diminati oleh banak kalangan.

6. Gado-gado Surabaya

Gado gado Surabaya
sumber : cookpad.com

Gado-gado Surabaya Adalah kuliner khas Surabaya yang terkenal. memang tampak sama dari segi tampilannya, tetapi berbeda dengan citarasa dengan gado-gado lainnya. hampir sama dengan gado-gado jakarta, namun bedanya dari bumbu saus kacang yang ditambahkan dengan santan.

Hidangan gado-gado ini merupakan makanan cepat saji yang kebanyakan dari sayuran mentah bersih kemudian diberi topping dan disiram dengan bumbu saus kacang. Kuliner ini tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Dan cara penyajiannya juga berbeda dengan lainnya, dimana saus kacang dipilih untuk disiram diatas sayuran dan tidak dicampur dengan sayuran ketika diulekan. dari situlah gado-gado surabaya disebut gado-gado siram.

7. Klanting

Klanting
sumber : jalansambiljajan.blogspot.com

Klanting merupakan Kuliner jajanan tradisional khas Surabaya. Makanan satu ini disajikan dengan tampilan bermacam-macam aneka warna seperti merah, hijau, kuning. Sebenarnya makanan ini terasa hambar, maka dari itu klanting sendiri diberi campuran parutan kelapa dan lelehan gula merah diatasnya untuk memberi rasa manis.

Jajanan ini terbuat dari campuran antara tepung tapioka atau kanji dan tepung terigu diberi sedikit vanili kemudian di uleni kemudian dibentuk layaknya seperti jari kecil-kecil. Citarasa dari klanting sendiri manis legit dan tekstunya empuk dan kenyal jika dikunyah.

8. Lontong Kupang

Lontong Kupang
sumber : detikfood.com

Lontong kupang adalah sajian yang penuh dengan gizi dan diolah dengan bahan hewan laut. Kuliner satu ini bukan dari kupang, nusa tenggara timur, melainkan dari sidoarjo akan tetapi banyak tersebar di wilayah Surabaya.

Nama Kupang sendiri ternyata berasal dari hewan laut kecil seukuran biji atau beras. sering ditemukan dipinggir pantai atau lumpur berair asin. Lontong Kupang sendiri disajikan dengan bekas kuah rebusan kupang serta kuah petis kemudian dicampur dengan bawang putih, cabe dan jeruk.

Selain yang paling enak dari kudapan sajian lontong kupang sendiri bukan hanya hewan kupang tersebut, tetapi dari kuah petis yang menggugah selera dan sambelnya yang bikin pedes hingga yang menyicipi mengeluarkan keringat saking pedasnya.

9. Sego Sambel

Sego Sambel Surabaya
sumber : travelingyuk.com

Sego Sambel merupakan makanan pedas khas dari kuliner Surabaya sendiri. tidak jarang warung-warung di wilayah Surabaya yang menyajikan sajian hidangan satu ini. Makanan satu ini terdiri dari nasi putih, cabai atau sambel, dan lauk pauk sebagai tambahan hidangan.

Nasi yang disajikan diatas piring lalu diatasnya ditambahkan lauk seperti telur dadar, kacang kedelai merah, tempe, ayam goreng atau daging. Kemudian dioles sambel diatas lauk-lauk tersebut tergantung selera. Kuliner satu ini sangatlah terkenal di semua kalangan masyarakat Surabaya, makannya tidak sedikit warung-warung menghidangkan sajian sego sambal ini.

Makanan ini sangat rekomended bagi pecinta kuliner pedas, karena memang terasa pedasnya dari sambel yang dituangkan dihidangan tersebut.

10. Nasi goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk Surabaya
sumber : ksmtour.com

Kuliner Surabaya ini mengambil kata yang populer di kota Surabaya, yaitu Jancuk. Nasi Goreng Jancuk itulah sebutan dari hidangan makanan satu ini. sajian kuliner ini memang dibuat untuk pecinta kalangan kuliner pedas, citarasa pedas yang keluar dari nasi goreng ini tiada dua dari yang lain.

Nasi Goreng Jancuk memiliki dua level pedas, pertama dengan cabai satu ons untuk satu porsinya dan level biasa. kedua dengan cabai 30 sampai 50 rawit cabe yang kemudian dicampur dengan suwiran daging ayam, irisan telor dadar, udang dan bawang goreng.

Brand Kuliner satu ini sangat terkenal di kalangan banyak restoran dan tempat makan lainnya, maka tidak jarang jika di pinggir jalan banyak yang menjual Nasi goreng jancuk ini.

11. Sate Karak

Sate Karak Surabaya
sumber : jatimnows.com

Jika sedang berkunjung di kawasan Ampel, disarankan untuk mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Sate Karak merupakan hidangan kuliner khas Surabaya dikenal sejak tahun 1960. Tetapi kuliner ini hampir punah bahkan tidak banyak kalangan muda yang mengetahui kuliner satu ini.

Karak disini bukanlah kerupuk yang terkenal di Solo, melainkan sebutan dari bahan utamanya yang berupa jeroan sapi terutama usus yang kemudian diolah dengan bumbu khas. Ukurannya sendiri tergolong besar dan pastinya mengenyangkan di perut.

Seperti sate pada umumnya, Sate Karak juga menggunakan lidi untuk tusukannya dan dibakar diatas arang panas. Biasanya juga tidak hanya menggunakan jeroan usus, tetapi kadang diselipkan dengan potongan daging.

Keunikan yang lainnya juga dari pendampingnya, yaitu Ketan hitam. Tekstur pengganti lontong ini tidak begitu lengket jika dimakan. meskipun berbeda, tapi akan lezat dan enak jika dicicipi.

Penutup

Begitulah kira-kira sajian-sajian dan Kuliner yang Khas di Kota Surabaya yang telah kita paparkan diatas. semoga apa yang kami sampaikan singkat ini lebih akurat dan padat. sekian

Wassalamu’alaikum W.R.B

Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI