Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI

Kuliner Kota Solo yang Mantap dan Lezat di Mulut

Kuliner Kota Solo – Solo merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, Terkenal dengan budanya dan sejumlah kulinernya yang khas tradisional Solo juga menggoyang lidah kita untuk mencoba. Kota Solo yang merupakan kota yang banyak sekali menyimpan sejarah ini sangat menarik sekali untuk dikunjungi. Dan di kota ini juga terkenal akan keramahan masyarakatnya,

Kota Solo ini berdampingan dengan kota Karanganyar, yang sebelah timur dari kota solo. Kuliner Kota Karanganyar juga masih hampir sama dengan jajanan dan masakannya serta wilayah kota Wisata.

Berbeda dengan lainnya, Kuliner Khas Solo menggunakan ramuan rempah-rempah atau bumbu yang membuat aroma dan cita rasanya yang khas. Bagi pecinta kulineran, sangat sayang sekali jika tidak menyicipi Kuliner khas Kota Solo ini.

Keraton Kasunanan Kota Surakarta
sumber : Merdeka.com

Mulai dari kuliner yang berkuah, kering, ringan hingga berkuah. Varian kuliner khas solo sangat berpotensi membuat liddah bergoyang hingga ketagihan. jika ke Kota Solo jangan sampai melewatkan merasakan kulinernya. Berikut jatenghebat.com merekomendasikan kuliner-kuliner khas kota solo yang legendaris dan menggoyang lidah.

1. Serabi Notosuman

Kuliner kota Solo Serabi Notosuman
sumber : Tribunnews.com

Serabi merupakan kuliner khas Solo yang mirip sekali dengan pancake. Dalam satu adonan serabi terdiri dari beras, gula, santan, garam dan daun pandan sebagai pewangi alami. Memiliki tekstur yang lembut, gurih dan kenyal serta menggoyang lidah. Tetapi Serabi Notosuman berbeda dengan serabi pada umumnya, Serabi ini dihidangkan dengan tanpa adanya kuah manis dan tipis juga memiliki kepekatan pada santannya.

Kuliner ini sangat lezat jika dihidangkan dengan susu maupun teh anget juga sangat mengenyangkan dan menggiurkan. sebutan Serabi Notosuman adalah merupakan makanan atau camilan ini berkembang sangat pesat di daerah Notosuman. makanan khas solo ini dulunya merupakan usaha kecil dari masyarakat Notosuman sejak tahun 1926.

2. Nasi Liwet Solo

Kuliner kota Solo Nasi Liwet Solo
sumber : lifestyleokezone.com

Nasi Liwet Solo merupakan kuliner yang legendaris di Kota Solo memiliki reputasi sendiri. Nasi putih yang disajikan dalam pincuk daun pisang dipadu dengan sambel goreng sayur labu siam atau biasa disebut sambel goreng sayur jipang, suwiran daging ayam dengan telur rebus ditambah dengan sedikit kental yang gurih atau areh.

Baca juga lurr : Kuliner khas dari kota Surabaya

Di Kota Solo sendiri memang banyak sekali penjual Nasi liwet yang tersebar. salah satunya di daerah Keprabon, Surakarta, yang terkenal dengan sajian nasi liwetnya yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu mempunyai ciri dan citarasa yang khas tersendiri.

3. Selat Solo

Kuliner kota Solo Selat Solo
sumber : kulinersoloraya.com

Selat Solo adalah Kuliner khas di Solo dengan pengaruh Eropa yang sangat legendaris. satu porsi selat solo terdiri dari irisan daging seperti steak, potongan buncis, telur rebus coklat, irisan wortel dan kentang dengan ditambah kuah semur yang menggugah selera serta menggoyang lidah kita.

Kata Selat sendiri merupakan tuturan dari bahasa Belanda “slatje” atau salad, menurut kebanyakan cerita pada zaman penjajahan dahulu masyarakat warga Solo tertarik dengan santapan yang bernama Salad. Karena kata Salad kurang pas di lidah warga Solo maka di rombaklah menjadi Selat Solo yang terkenal sampai sekarang ini. Dan sangat cocok untuk disajikan untuk menu makan Malam hari spesial.

4. Timlo Solo

Kuliner kota Solo Timlo Solo
sumber : kopisusu.id

Menyicipi Kuliner khas Solo satu ini merupakan keharusan jika bersinggah di Solo. Timlo Solo merupakan sajian khas Solo yang menggoyang lidah terdiri dari daging ayam, ati ampela ayam, telur pindang dan sosiis goreng khas Solo. Terdapat sambal kecap yang bisa ditambahkan jika ingin menambah kesegaran.

Timlo Solo juga mendapat pengaruh dari Kuliner China, Karena isian dari timlo sangat mirip dengan hidangan china. seperti Soun, Jamur kuping tapi dipadukan dengan telur dan sosis kecap. Kolaborasi dari hidangan China dan Jawa membuat timlo semakin Lezat dan gurih.

Sosis goreng khas Solo berbeda dengan sosis lainnya, Dimana sosis ini terbuat dari kulit lumpia yang dilipat mirip seperti martabak. Dalam satu lipatan terdapat suwiran daging ayam kemudian di goreng dan dipotong dengan irisan kecil. Sosis inilah yang membedakan kuliner solo lainnya yang berjenis kuah seperti soto dan sup.

5. Brambang Asem

Kuliner kota Solo Brambang Asem
sumber : dinaspariwisatasolo.com

Brambang Asem merupakan kuliner khas Kota Solo tempo dulu dan kuliner tersimple. Sesuai dengan namanya, yaitu Brambang Asem adalah jenis makanan yang terbuat dari daun Ubi Jalar yang diproses dengan cara direbus.

Kuliner ini mempunyai cita rasa pedas yang ditimbulkan dari perpaduan antara cabe, gula jawa, asem jawa, garam dan juga bawang merah dan biasanya disantap dengan disandingkan bersama tempe gembus. Brambang Asem merupakan hidangan utama, melainkan sajian untuk menikmati hari.

6. Sate Kere

Sate Kere
sumber : kompas.com

Sate Kere merupakan salah satu Kuliner Khas Solo yang sangat terkenal. Disebut dengan sate kere, karena hasil dari kreativitas rakyat biasa yang ingin menyantap sate daging, tapi tidak kesampaian. Sate satu ini berbeda dengan sate pada umumnya, karena terbuat dari tempe gembus atau tempe yang dibuat dari ampas tahu.

Bahan dasar dalam pembuatan sate kere memakai jeroan-jeroan sapi seperti usus, paru-paru dan dicampur dengan bumbu kacang yang sama seperti sate pada umumnya. sangat rekomended dicicipi ketika melewati Kota Solo.

7. Lenjongan

Lenjongan
sumber : inibaru.id

Lenjongan merupakan Kuliner Jajanan yang khas di kota Solo sendiri. Adalah cemilan dan makanan tradisional dari zaman kolonial belanda. Cemilan satu ini juga gabungan dari makanan seperti Tiwul, Ketan hitam, gethuk, sawut, cenil dan klepon kemudian dicampur jadi satu dalam pincukan atau wadah dan ditaburi dengan parutan kelapa juga diguyur dengan gula jawa.

Terkadang juga isian Lenjongan bisa tergantung selera pembeli, tidak harus satu isian semuanya. Rasanya yang manis membuatnya lebih diterima oleh banyak kalangan.

8. Tahok

Tahok
sumber : tripzilla.com

Kembang Tahu atau biasa disebut Tahok bagi masyarakat kota Solo jajanan ini sangat terkenal sekali. Jajanan tradisional ini berbentuk seperti puding dengan tekstur yang lembur dan rasanya seperti kedelai rebus. Paduan antara manis dan hangat, dari campuran kuah berbahan dasar gula merah, daun sereh, daun pandan dan juga jahe yang embuat citarasa yang khas.

Sebagian masyarakat banyak yang mengatakan mengkonsumsi tahok secara rutin bisa menunda datangnya Menopouse bagi seorang wanita, menurunkan kolesterol dalam darah, diet menurunkan berat badan dan mencegah kanker prostat.

9. Bubur Lemu

Tahok
sumber : liputan6.com

Bubur Lemu merupakan kuliner khas kota Solo yang terbuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan santan dan aneka bumbu. Pelengkap dari bubur satu ini terdiri dari telur ayam, opor ayam, kacang tolo, tahu dan sambal goreng krecek. kuliner ini kaya akan kandungan proteinnya, tidak salah kalau bubur lemu ketika diterjemah bahasa Indonesia menjadi bubur gemuk.

Hidangan Bubur yang gurih dan lezat disajikan dengan campuran bumbu-bumbu dan opor tentu menjadi sebuah perpaduan yang sangat sempurna. Ditambah dengan sambel goreng krecek yang menggoyang lidah. Krecek merupakan kulit sapi yang dikeringkan dan dimasak agar teksturnya menjadi kenyal.

Jika mampir atau melewati kota Solo, alangkah baiknya mencicipi sajian tradisional satu ini. sangat cocok ketika dimakan di pagi hari sambil menikmati matahari terbit.

10. Sate Buntel

Sate Buntel
sumber : merdeka.com

Sate Buntel adalah kuliner khas solo yang banyak diminati oleh semua kalangan. Buntel sendiri memiliki arti “dibungkus”, dibuat dari daging kambing cincang yang diproses dengan cara dibungkus dan menggunakan lemak kambing tipis. dillitkan ke daging kemudian di masak dengan cara dipanggang diatas arang panas hingga matang.

Ketika digigit, lemak yang menempel di sate otomatis meleleh dimulut. citarasa Sate Buntel berbeda dengan sate pada umumnya, memiliki cir khas yang gurih dan renyah serta maknyus. tidak diragukan lagi kuliner khas solo yang satu ini merupakan makanan yang digemari banyak masyarakat dan menjadi kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke kota Solo.

11. Balung Kethek

Balung Kethek
sumber : wikipedia.com

Balung Kethek merupakan Oleh-oleh khas kota Solo yang sangat terkenal dan istimewa. Camilan yang nyaris hampir punah ini terbuat dari singkong kukus yang kemudian dipotong tipis-tipis dan digoreng tanpa dijemur terlebih dahulu. Setelah digoreng hingga kering kemudian dikemas dan diberi rasa sesuai selera.

Kuliner khas Solo satu ini ketika pertama kali terasa di mulut akan memunculkan sensasi renyah dan gurihnya. Bisa disebut Balung Kethek karena konon dulunya lantaran digigit seperti tulang kemudian ketika menggigitnya mulut kita akan meringis seperti monyet atau kethek, dari itu kemudian disebutlah Balung Kethek.

12. Tengkleng Solo

Tengkleng Solo
sumber : tribunnews.com

Tengkleng khas kota Solo tercipta karena dahulu di zaman penjajahan kolonial Jepang penduduk sekitar kehabisan bahan pangan dan terfikirkan untuk menciptakan makanan yaitu mencari limbah kambing serta jeroannya. Karena sisa limbah jeroan kambing tidak dimafaatkan oleh petinggi pada zaman itu.

Terciptanya kata Tengkleng karena pada zaman dahulu jika ingin membagikan jeroan yang sudah dimasak rakyat akan diberi piring yang terbuat dari seng dan otomatis akan mengeluarkan bunyi kleng kleng kleng.

Kuliner khas Solo satu ini sangat diminati oleh banyak kalangan. citarasa yang sangat gurih dan lezat merupakan ciri khas dari Tengkleng Solo. dalam menikmatinya juga dengan cara dibrakoti atau dikrikiti jika dalam bahasa Solo, meikmati dengan tanpa sedikit sisa dari tulang kambing.

13. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
sumber : jogslo.wordpress.com

Cabuk Rambak merupakan kuliner khas Solo yang terfavorit. Terbuat dari gendar atau ketupat. cabuk rambak ini berbeda dengan ketupat, pasalnya dari bumbu saja sudah terlihat berbeda. Bumbunya terbuat dari wijen yang digoreng kemudian dicampur dengan santan, gula jawa, bawang putih dan cabe.

Karak merupakan kerupuk yang terbuat dari nasi yang dikeringkan kemudian digoreng, Biasa untuk topping dan sandingan dari Cabuk rambak ini. menariknya makan cabuk rambak ini bukan dengan menggunakan sendok atau garpu, melainkan dengan stik lidi. Di kota Solo sendiri masih banyak yang menjual kuliner satu ini, wajib dicoba ketika main ke kota Solo.

Penutup

Baca juga lurr : Wisata Terhits di Jawa Barat

Di atas merupakan daftar-daftar Kuliner Khas Kota Solo yang legendaris dan tentunya menggugah selera kita untuk berkunjung ke kota satu ini. Sekian dari jatenghebat.com Semoga yang tertulis di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. sekian Terimakasih.

Wasalamua’laikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Mas Wahyu Aku hanyalah orang desa yang mempunyai mimpi ingin menjadi Presiden RI